PERANG menurut wayang

   26 Agustus sebelum aku tidur aku selalu mengecek timeline twitter orang "terpilih" yang aku follow. Salah satunya (mbah) SUJIWO TEJO banyak sekali yang aku baca dari soal sex education,tentang rasa tebu sampai dengan wayang. Dan paling yang aku tertarik dan aku "iyahin" itu WAYANG. Isi twitnya adalah sebagai berikut: 


  1. Ada 12 yg akan kau alami kalau menurut wayang.
  2. melawan ortumu entah soal jodoh,karir atau apa saja. Namanya Gojali Suto..di wayang contohnya Kresna vs anaknya, Boma
  3. dgn saudara ntah urusan kekuasaan/harta..namanya Baratayuda ...
  4. Ada Guntoroyono dan Pamoksa ..itu perang melawan kekuatan masif di luar dirimu (AS, Cina, Jepang, Korupsi dll) ... 
  5. Contoh Guntoroyono dan Pamoksa adalah perangnya Pandu vs raksasa2..atau perangnya Gatutkaca vs raksasa2  
  6. ke-5 sampai 10 adalah perang antara unsur2 indra di dalam dirimu sendiri..misalnya antara mata dan telinga..penciuman vs mata
  7. Contoh antara unsur2 dlm kita sendiri adalah perang Bima dgn plasenta (ari2)nya sendiri yg berwujud Raden Jayadrata  
  8. ke-11 adalah perang melawan keyakinanmu sendiri (agamamu, filsafatmu, cintamu dll)..contohnya Sinta ketika ditawan di Alengka 
  9. Setiap hari di Taman Argasoka Sinta batin melawan keyakinannya atas cinta suami nun jauh di sana  
  10. ke-12 melawan hukum alam..spt dicontohkan oleh Subali ketika bertapa ngalong, melawan gravitasi Dewi Pertiwi ...END!!! 

 "Sesungguhnya wayang adalah seluruh peristiwa di dalam dirimu sendiri. Tokoh2 wayang semuanya potensial ada dalam dirimu ..." nah itu dalem banget endingnya. aku ngerasa yaampun apa yang aku sibukin sampe itu aja aku baru tau di umur segini. Kalo kata si mbah "mana IQmu" hehe.

Sekian,mudah-mudahan kalian paham tentang "12" perang yang kita alami menurut wayang,yang di berikan oleh si mbah di twitternya.

Komentar

Postingan Populer