Gimana sih karakter kamu, yuk di test !



Yuk liat gimana sih karakter kamu. Cukup jawab pertanyaan yang ada yang sesuai dengan kamu, nanti setiap jawaban punya arti yang berbeda-beda. Disini gak ada jawaban salah dan benar. Kamu hanya menjawab pertanyaan yang sesuai dengan diri kamu secara spontan. Yuk, mulai...

Rumah Impian
Ketika kamu jalan-jalan mengitari perumahan, kamu melewati jalan yang tidak pernah kamu lalui sebelumnya. Di samping jalan, kamu melihat sebuah rumah yang menurut kamu salah satu rumah impian yang selalu kamu inginkan. Sesaat sebelum kamu mengagumi rumah itu, kamu mengamati bahwa pintu rumah itu setengah terbuka. Mengapa pintu itu terbuka?
a)    Rumah itu kemalingan.
b)    Pemiliknya lupa menguncinya
c)    Pemiliknya ada di dalam rumah

 Jawaban :
Sebuah pintu dapat memiliki dua peran yang signifikan: sebagai jalan masuk danjuga sebagai halangan orang yang tidak berhak untuk memasukinya. Khusus untuk pintu depan menandakan garis pertama pertahanan rumah tersebut dari segala ancaman luar. Dengan melihatsebuah pintu yang terbuka, yang normalnya seharusnya tertutup, kamu mengira ada sebuahkejadian buruk di rumah itu. Pada level bawah sadar, alasan kamu untuk membayangkan pintu yang terbuka berkaitan dengan bagaimana kamu membuka diri tentang kelemahanmu terhadap oranglain.
a)    Rumah itu kemalingan: Kamu selalu mengira yang terburuk dalam banyak situasi. Oleh sebab sifat mudah panik, kamu tidak fokus terhadap krisis yang terjadi. Lain kali ketika sebuah muncul, penting bagimu untuk berpikir jernih dan mengambil nafas panjang berkali-kali.
b)    Pemiliknya lupa menguncinya: Kamu bukan orang yang gampang terbawa terhadap sebuah krisis. Kebalikannya, kamu justru cenderung cuek dan mengatakan tidak ada krisis sama sekali. Dan hal iniakan berakibat buruk untuk kamu maupun lingkungan di sekitarmu.
c)    Pemiliknya ada di dalam: Kamu tipe orang yang santai tetapi tetap waspada. Hal ini menunjukkanbahwa kamu adalah individu yang matang. Tentu saja kamu masih memiliki kelemahan sebagaimanusia biasa, tetapi kamu tidak menampilkannya di depan orang


Burung Berwarna Biru
Suatu hari ada seekor burung tiba-tiba masuk kerumah kamu dan terperangkap didalamnya, kamupun berniat untuk memeliharanya, namun ada suatu keanehan yang terjadi pada burungtersebut. Pada hari pertama warna burung tersebut berubah dari biru menjadi kuning, hari kedua berubah lagi dari kuning menjadi merah terang, hari ketiga berubah lagi menjadi hitam. Dan coba pikirkan, akan berubah menjadi warna apakah burung tersebut di hari berikutnya?
a)    Tetap hitam
b)    Kembali menjadi warna biru
c)    Menjadi warna putih
d)    Menjadi warna emas.

Jawaban : Burung yang masuk ke kamar menunjukkan simbol bernasib baik, akan tetapi ketika ia berubah warna menggambarkan kekhawatiran bahwa nasib baik itu tidak berlangsung lama. Reaksiterhadap situasi ini menunjukkan bagaimana kawan merespon kesulitan dan ketidakpastian dalamkehidupan nyata
a)    Burung tetap  bewarna  Hitam: Kamu yang memilih jawaban ini adalah seorang yang pesimis. Santailah dalam menghadapi hidup.
b)    Burung berubah kembali menjadi biru: Kamu yang memilih jawaban ini adalah orang yang optimis. kamu percaya bahwa hidup adalah campuran dari baik dan buruk. Tidak ada gunanya melawan kenyataan. Kamu menerima kemalangan dengan tenang dan membiarkan segalasesuatunya berjalan sesuai dengan jalur tanpa stres dan kuatir.
c)    Burung berubah menjadi Putih: Mereka yang mengatakan bahwa burung akan berubah warnamenjadi putih adalah orang tenang dan tegas dibawah tekanan. Kamu tidak akan menghabiskanwaktu hanya untuk resah dan tidak mengambil keputusan ketika krisis timbul. Jika situasi  memburuk, kamu merasa lebih baik membuang kekalahan dan mencari cara baru mencapai sasaran daripada berhenti dalam kesedihan yang tak perlu.
d)    Burung berubah menjadi warna Emas: Mereka yang berkata burung akan berubah menjadi warnaemas,adalah seseorang yang tidak memiliki rasa takut. Kamu tidak mengenal tekanan. Bagi kamu,setiap krisis adalah sebuah kesempatan. kamu dapat dibandingkan dengan Napoleon, yang berkata"...Mustahil : Kata itu bukan bahasa perancis." Tapi berhati-hatilah untuk tidak membiarkankepercayaan diri yang tidak terbatas mengalahkan kamu. Ada batas yang tipis antara tidak memiliki rasa takut dan membabi buta.


Melukis Mug
Sebuah mug berwarna putih polos diserahkan pada kamu bersama kuas berwarna biru untuk diberi pola. Kira-kira pola apakah yang akan kamu lukis di mug tersebut?
a)    Garis-garis.
b)    Titik-titik yang menari bersaling-silang.
c)    Centang.
d)    Garis-garis yang berombak

Jawaban : Biru adalah warna yang paling mendekati cara internal berpikir kita, dari proses imajinasi, intuisi,atau pun intelektualitas. Permukaan mug yang berwarna putih menunjukkan kekosongan dan memberikan pikiranmu kebebasan untuk menyalurkan kreativitasmu. Pada kasus ini, pola yang kamu pilih menggambarkan struktur dan kekuatan pikiranmu dalam hal kreativitas dan problem solving.
a)     Garis-garis: Kamu memilih pendekatan yang langsung dan terarah, membuatmu menjadi pembuat keputusan yang baik untuk menyelesaikan masalah dan pandai mewujudkan sebuah rencana dalam waktu yang singkat. Secara alami orang akan memilihmu sebagai pemimpin dan pegangan saat menghadapi situasi sulit.
b)     Titik-titik yang menari bersaling-silang: Kamu bersifat adaptif dan berjiwa seni. Ini menyebabkan kamu kadang-kadang terlihat keluar jalur atau eksentrik, tetapi kamu membuat kontribusi yang nyata sebagai kreator yang handal dengan v isi yang unik.
c)    Centang: Kamu terbiasa untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari, tetapi membuatmuterlihat seperti orang kebanyakan. Sedikit orang yang mampu untuk mengatur hidupnya dengansangat efisien dan hasilnya adalah kamu selalu terlihat memiliki waktu, kesejahteraan, dankehangatan yang orang lain butuhkan.
d)    Garis-garis yang berombak: Bakatmu adalah membangun atmosfir atau situasi di mana orang akanmudah merasakan dan mengekspresikan cinta. Ini tidak berarti kamu membutuhkan perhatian,tetapi secara alami orang-orang akan merasa nyaman untuk memperhatikan dan mensuportmu.Tanyakan mereka yang mengenal dan mencintaimu, dunia akan menjadi lebih baik dengan kehadiran kamu.


Dibawah langit Biru
Bayangkan kamu ada disebuah dataran dengan langit yang begitu biru, dan sekali lagi bayangkan sebuah tempat dimana kamu merasa nyaman dan tentram. Pilih salah satu dari 4 tempat dibawah ini.
a)    Dataran yang dipenuhi salju putih.
b)    Lautan biru.
c)    Gunung yang hijau.
d)    Padang yang dipenuhi bunga bewarna kuning.

Jawaban : Warna biru memiliki kekuatan untuk menenangkan jiwa. Bahkan gambaran warna biru dalam pikiran dapat memperlambat detak jantung dan membuat kamu mengambil nafas dalam-dalam. Pemandangan yang kamu bayangkan berlawanan dengan langit biru yang cerah menunjukkan sebuah bakat tersembunyi di kedalaman pikiranmu yang tidak terganggu..
a)    Dataran yang dipenuhi salju Putih: Kamu diberkati oleh sensitivitas khusus yang membuat kamu mengerti dengan pandangan sekilas dan menguraikan masalah yang rumit tanpa membutuhkan bukti atau penjelasan. Kamu memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dan bahkan menjadiseorang Visioner. Percayailah selalu intuisi kamu yang pertama, mereka akan menuntun kamu dengan baik.
b)    Lautan Biru: Kamu memiliki bakat alami untuk hubungan antar pribadi. Orang-orang menghormati kemampuan kamu berkomunikasi dengan orang lain dan cara kamu membantu bermacam-macam kelompok bersama-sama. Hanya dengan berada di sana, kamu membantu orang lain bekerja dengan lebih lancar dan efisien, membuat kamu menjadi seorang anggota yang sangat berharga dalam suatu proyek atau tim. Ketika kamu berkata " bagus.teruskan kerja kamu yang baik," orang-orang tahu kamu mengatakan yang sebenarnya. Jadi kata-kata itu sangat berarti bagi mereka yang mendengarkannya.
c)    Gunung Yang Hijau: Bakat kamu adalah berkomunikasi yang ekspresif. Kamu selalu dapatmenemukan kata-kata untuk mengekspresikan apa yang dirasakan. Orang-orang segera menyadari itu juga sama persis dengan yang mereka rasakan. Mereka berkata bahwa berbagi kebahagiaan semakin menjadi berlipat ganda, sementara berbagi duka membuat kita semakin terpisah. Kamu nampak selalu dapat menolong orang lain dan menemukan sisi yang benar dalam komunikasi.
d)    Padang yang penuh dengan bunga berwarna Kuning: Kamu adalah sumber pengetahuan dan kreativitas, penuh dengan gagasan dan potensi yang hampir tak terbatas. Tetaplah menyesuaikan diri terhadap perasaan orang lain dan jangan pernah berhenti membangun mimpi. Tidak ada apapun yang tidak bisa kamu capai.


Kamu Manusia Biasa
Kamu sedang berjalan di jalan, memikirkan hal-hal lain, ketika tersandung tong sampah di trotoardan jatuh. Apa yang tumpah keluar dari tempat sampah?
a) Tidak ada yang tumpah , tong sampah kosong.
b) Tumpukan sampah tumpah kejalan..
c) Biji apel, tulang ayam, dan sampah lainnya.
d)  Plastik sampah yang terikat rapi.

Jawaban : Karena ceroboh, kamu tersandung tong sampah. Menumpahkan sesuatu yang telah rapi tertutup. Lantas membukanya sehingga terlihat ke seluruh dunia. Pandangan kamu terhadap isi tong menyingkapkan hal-hal yang ada di dalam diri yang berusaha kamu sembunyikan dari umum.
a)    Tidak ada yang tumpah - tong sampah kosong: Orang yang memberikan jawaban ini merupakan orang yang apa adanya, sikapnya jujur tanpa kepura-puraan yang sifatnya menarik peratian.
b)     Tumpukan sampah tumpah ke jalan: Mereka yang menjawab ini merpakan orang yang jujur, tapi memiliki setumpuk perasaan yang dipendam.
c)   Biji apel, tulang ayam, dan sampah lain: Buat mereka yang menjawab ini, hayooooo ngakuuuu, sering mikirin makanan kannn?
d)   Plastik sampah yang terikat rapi: Orang yang menjawab ini cenderung tertutup dan tidak suka membiarkan orang lain tahu tentang kelemahannya.


Membaca Majalah
Kamu baru saja membeli majalah mingguan populer dan membawanya pulang untuk dibaca. Bagaimana cara kamu membaca isi majalah tersebut?
a)    Membaca seluruh majalah secara urut dari awal sampai akhir.
b)    Langsung membaca artikel yang menarik dan hanya membaca itu.
c)    Membuka secara acak dan membaca apa saja yang menarik.
d)    Membaca majalah dengan urutan yang selalu sama

Jawaban :  Majalah mingguan mewakili kumpulan usaha dari banyak penulis besar, desainer, fotografer, dan editor yang menawarkan bermacam-macam pendapat dan sudut pandang. Majalah adalah kumpulan pengalaman manusia. Cara kamu membaca majalah menunjukkan bagaimana menghadapi keragaman pilihan. Khususnya, cara merencanakan waktu membaca menunjukkan pendekatan kamu dalam mengurus sumber daya, khususnya uang
a)    Membaca seluruh majalah secara urut dari halaman pertama sampai terakhir: Kamu adalah tipeorang yang tahu ke mana setiap rupiah uang kamu dan digunakan untuk apa. Bukankarena khawatir terhadap anggaran dan perencanaan keuangan, kamu hanya merasa lebih nyaman ketika kamu mengetahui dengan jelas posisi segala sesuatu. Kamu tidak suka kehilangan kendali.
b)    Langsung membaca artikel yang menurutmu menarik dan hanya membaca itu saja: Uangmembuat lubang dalam saku kamu. Jika memilikinya, kamu menggunakannya untuk membeli apapun yang menarik.
c)    Membuka secara acak dan membaca apa saja yang menarik: Kamu berkata diri kamu ekonomis. Beberapa orang menyebutnya kikir. Kenyataannya kamu tidak menggunakan sumber daya dengan sembrono. Kamu lebih suka menyimpannya untuk keperluan di masa datang.
d)    Selama formatnya tidak berubah, kamu membaca majalah dengan urutan yang selalu sama: Kamu terus menghabiskan uang sesuai dengan kebiasaan tanpa mempedulikan perubahan yang terjadi dalam hidup. Kamu terlalu bersikeras dengan pilihan kamu. Kamu tidak kuatir dengan nasib di masa depan.

Sumber : Saito, Isamu & Nagao, Tadahiko. 2003. Kokology : The Game of Self-Discovery. Japan : Fireside

Komentar

Postingan Populer